Senin, 23 November 2015

Foto Macro Dengan Asus Zenfone

           Haloo sobat blogger jumpa lagi kite...di blogg risyaanastasya.kali ini sesuai dengan judul dari artikel blogger ini, saya akan berbagi bagiamana cara membuat foto makro itu kelihatan menarik hanya dengan mengunakan smartphone yaitu smartphone Asus Zenfone ditambah dengan editan sedikit tampa menambah atau mengurangi foto itu sendiri mengunakan aplikasi edit foto sesuai dengan software editan yang ada.

           Foto makro mengunakan Kamera DSLR tentunya sudah hal yang biasa kita gunakan namun bagaimana jika dalam foto makro kali ini kita menguanakan kamera digital yang ada pada smartphone kita. sebenarnya foto makro ini bukan lagi hal yang baru di dunia Photography. Photography itu sendiri mempunyai 16 macam seni foto yaitu :
  • Toys Photography
  • Journalism Photography
  • Foto Still Life
  • Potrait Photograph
  • Foto Comercial Adverstising
  • Foto Abstrak
  • Wedding Photography
  • Fashion Photography
  • Food Photography
  • Fine Art Photography
  • Line Scape Photography
  • Wildlife Photography
  • Street Photography
  • Underwater Photography
  • Infra Red Photography
  • Macro Photography

                Dari penjabaran jenis/macam2 photographi di atas, tentunya saya tidak perlu menerangkan satu persatu dari jenis photography di atas, disni saya hanya akan menjelaskan sesuai dengan kutipan pada ling di atas, apa sih macro photography itu..macro photography itu adalah fotografi close-up, dengan defenisi klasik adalah gambar yang diproyeksikan pada "film atau sensor digital" dekat dengan ukuran yang sama sebagai subyek lensa. lensa yang dirancang untuk pemotretan foto makro paling tajam pada jarak fokus makro dan tidak cukup tajam pada jarak fokus lainya...dalam arti lensa makro tidak bisa dugunakan untuk pemotretan di luiar pemotratan makro.
Catatan: pengertian dari jenis2 Photographi di atas bisa klik pada ling ini

                Ok sekarang kita masuk peda maksud dari artikel ini yaitu membuat foto makro dengan mengunakan smartphone asus zenfone. tentunya peralatan yang kita akan sediakan antara lain yang utama adalah :

  1. Perangkat Kamera (Smartphone Asus Zenfone 2,4,5,6)
  2. Lensa makro.
         Sekarang pasti menjadi pertanyaan bagi sobat blogger lensa makronya yang baik kita ambil dari mana apa harus beli?. tidak sobat, memang di toko2 mungkin saja sudah tersedia lensa makro ini khusus untuk smartphone atau handphone yang memiliki kamera, seperti Fise aye dll. hitung-hitung penghematan serta nilai plusnya adalah kreatifitas kita sendiri. untuk itu saya rekomendasikan yaitu kita mengunakan lensa ex kamera pocket jadul ( kamera yang mengunakan rolfilm), sayangkan kalu kamera pocket digital kecuali yang sudah rusak nah kita ambil lensa fokusnya yang di depan nih contohnya :


            Lensa ini sudah saya bentuk sesuai dengan ukuran pada kamera Smarthphone saya namun untuk mengubahnya tidak terlalu siknifikan tinggal di gosok mengunakan kertas amplas untuk disesuaikan dengan kamera pada asus contoh gambarnya dapat dilihat :


          Untuk itu juga sangat disarankan ada baiknya jika kita mengunakan kondom atau pelindung smartphone supaya sebentar nati pada saat kita meletakkan atau mneyelaraskan lensa makro dengan lensa kamera tidak menemui kesulitan tinggal kita masukan saja dan ditahan dengan pelindung tersebut seperti pada gambar diatas.

           Ok setelah itu semua telah kita siapkan tinggal hunting deh....tehnik pengambilan gambar detailnya mungkin di browsing aja...namun dalam hal ini tinggal bagaimana kita sendiri yang akan berkreasi dengan mengunakan smartphone sendiri sehingga menghasilkan foto yang menakjupkan layaknya fotografer yang sudah profesional. berikut contoh-contoh foto macro yang sudah saya ambil mengunakan kamera Asus Zenfone :








Macro Photography : Fotografi makro adalah fotografi close-up. Definisi klasik adalah bahwa gambar yang diproyeksikan pada “film pesawat” (yaitu, film atau sensor digital) dekat dengan ukuran yang sama sebagai subyek. Lensa dirancang untuk makro biasanya di paling tajam mereka di jarak fokus makro dan tidak cukup sebagai tajam pada jarak fokus yang lain. Dalam beberapa tahun terakhir, istilah makro telah digunakan dalam bahan pemasaran berarti bisa fokus pada subjek ini cukup dekat sehingga ketika inci 6 × 4 biasa (15 × 10 cm) cetak dibuat, gambar hidup-ukuran atau lebih besar Dengan 35mm film ini memerlukan rasio pembesaran hanya sekitar 1:4, yang menuntut kualitas lensa yang lebih rendah dari 1:1. - See more at: http://multimedianotesell.blogspot.co.id/2014/08/sejarah-awal-mula-fotografi-dunia.html#sthash.A4LSg9wi.dpuf


                Demikianlah artikel ini semoga para pecinta photography khusunya yang mengunakan smartphone mendapatkan inspirasi baru lewat tulisan saya ini, apalagi bagi mereka yang mungkin ingin berkreasi dengan sesuatu hal yang baru dan unik tulisan saya ini walaupun tidak sempurna semoga bisa menjadi referensi bagi rekan-rekan sekalian...seperti kata pembuka saya di atas

               Membuat foto itu indah dengan mengunakan kamera canggih yaitu kamera DSLR adalah hal yang biasa namun bagaimana  dengan foto yang menarik dan artistik hanya megunakan kamera digital smartphone.

     jika ingin posting foto2 rekan sekalian dan ingin lihat-lihat foto dari hasil pengambilan gambar mengunakan smartphone dapat dilihat di sini




Journalism Photography
Toys Photography: - See more at: http://multimedianotesell.blogspot.co.id/2014/08/sejarah-awal-mula-fotografi-dunia.html#sthash.A4LSg9wi.dpuf
Toys Photography: - See more at: http://multimedianotesell.blogspot.co.id/2014/08/sejarah-awal-mula-fotografi-dunia.html#sthash.A4LSg9wi.dpuf

0 komentar: